Dr Kim Seok-Kwun bapak transgender Korea Selatan

Dr kim seok kwun

Dr Kim Seok-Kwun dikenal sebagai bapak transgender Korea Selatan. Selama lebih dari 28 tahun Dr Kim sudah menjalani 320 operasi ganti kelamin. Ia memulai operasi membuat penis untuk seorang biksu Buddha yang lahir sebagai perempuan.  Dr Kim sadar `karyanya` itu bisa memicu kegelisahan di negara yang masih sangat konservatif.

Dr Kim merasa tersiksa dengan menentang takdir Tuhan. Tapi, ia berkeyakinan usahanya itu untuk memperbaiki `kesalahan`.  “Saya sudah memutuskan menentang kehendak Tuhan,” kata pria berusia 61 tahun itu dalam sebuah wawancara seperti dilansir WashingtonPost, Rabu (2/4/2014).

Dr Kim mengatakan, awalnya ia merasa tersiksa dengan pertanyaan apakah ia harus melakukan itu semua yang menentang takdir Tuhan. “Saya diliputi rasa malu, tapi pasien saya sangat ingin operasi. Tanpanya, mereka akan bunuh diri,” kata Dr Kim.

Kim merupakan pelopor yang pelan-pelan mengubah pandangan tentang seksualitas dan gender di Korea Selatan. Banyak warganya yang telah lama menganggap diskusi tentang seksualitas itu tabu.

Kim mengatakan, biarawan yang menjalani 11 jam operasi tak mau diwawancarai karena takut menyinggung orang Buddha di kuil itu. Menurutnya, biarawan tersebut sudah menjalani terapi hormon dan hidup sebagai seorang pria untuk waktu yang lama.

Kim pertama kali melakukan operasi pada 1980-an. Namun, pendetanya keberatan. Teman-teman dan rekan dokter bercanda ia akan keneraka jika tak berhenti. Kini, Dr Kim merasa berhasil membantu orang-orang yang terjebak dalam tubuh yang salah. Dia meyakini apa yang dilakukannya adalah mengoreksi apa yang disebut kesalahan Tuhan.

“Beberapa orang lahir tanpa alat kelamin atau dengan bibir sumbing atau tanpa telinga atau dengan jari-jari mereka saling menempel. Mengapa Tuhan menciptakan orang-orang seperti ini? Bukankah ini kesalahan-kesalahan Tuhan?” kata Kim.

About NimasAyuPutri

The pleasures of the mighty are the tears of the poor. A song will outlive sermons in the memory. Always Keep The Faith and Hope to the End. O I II VI O II O IV

Posted on 7 April 2014, in Tentang Korea and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

JJ-♥ leave a comment ♥-JJ